Selasa, 22 April 2008

TUGAS ANGKET SEDERHANA

LIMA KARAKTER GURU TERBAIK DAN TERBURUK
· Lima karakter guru terbaik menurut saya :
§ Bersahabat
Guru yang memiliki sifat bersahabat ini cenderung dapat bergaul dengan bermacam-macam siswa, tentunya dengan sifat siswa yang memang beragam. Sang guru lebih sangat disukai oleh banyak siswa, karena dalam proses belajar mengajar siswa membutuhkan sosok guru yang bersahabat untuk menjadi cerminan karakrer baginya.
§ Humoris
Guru yang humoris biasanya sangat memberikan pencerahan bagi siswa-siswa yang diajarnya, karena dalam setiap proses belajar mengajar pada umumnya seorang siswa membutuhkan intermezo yang dberikan oleh sang gturu dalam setiap selingan di waktu belajar.
§ Ramah
Sang guru akan lebih dihormati oleh siswa-siswanya apabila ia dapat bersikap ramah terhadap setiap siswa. Oleh karena itu, sikap ramah sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar demi terwujudnya suatu interaksi yang baik.
§ Memotivasi
Sang guru biasanya memberikan/memasukkan motivasi-motivasi yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar yang sedang berlangsung. Motivasi-motivasi itu sudah seharusnya diberikan oleh setiap guru, karena siswa akan lebih patuh dan percaya pada gurunya apabila sang guru dapat memberikan motivasi-motivasi yang bermanfaat bagi kehidupannya.
§ Pelindung
Guru pelindung ini biasanya dikerumuni oleh siswa-siswa yang menyukai sifatnya tersebut, karena siswa membutuhkan sosok jiwa pelindung dalam mencapai proses belajar mengajar tersebut. Sifat-sifat guru pun beragam, tapi kadang setiap siswa tidak mau mengerti tentang keadaan tersebut. Yang ia fikirkan adalah guru itu orang tua yang harus mengerti segala hal tentangnya. Kenyataannya tidak seperti itu, kenyataannya adalah guru pun memiliki berbagai karakter yang orang lain tidak mengerti. Untuk menanggapi berbagai macam karakter guru tersebut, siswa sangat membutuhkan guru yang memiliki sifat pelindung, karena siswa membutuhkan sosok pelindung yang yain selain orang tuanya di rumah.
· Lima karakter guru terburuk menurut saya :
§ Angkuh
Guru ini kadang tidak mengerti tentang keadaan siswa yang memang memiliki sifat labil dalam perkembangannya, dan guru yang memiliki sifat seperti ini pada umumnya tidak disukai siswa kehadirannya dalam proses belajar mengajar.
§ Membosankan
Dalam proses belajar mengajar, guru yang memiliki sifat seperti ini akan sangat menghambat cara belejar siswa karena pada umumnya seorang siswa memiliki jiwa refreshing. Jika dalam proses belajar mengajarnya sang guru memiliki sifat seperti ini, akan menyulitkan siswa dalam menerima ilmu yang disampaikan oleh sang guru.
§ Berprasangka buruk
Guru yang selalu berprasangka buruk terhadap siswanya kadang memang menunjukkan motivasi ataupun hal yang baik. Tetapi, tidak jarang juga mereka memiliki pemikiran yang sangat pendek dalam menilai segala bentuk sifat maupun berbagai macam karakter siswa-siswanya. Kadang mereka tidak dapat membaca keinginan yang tidak disampaikan oleh siswanya, sehingga siswa pun akan menilainya sesuai dengan bagaimana ia menilai siswanya.
§ Pemarah
Jika sang guru memiliki sifat pemarah dalam proses belajar mrngajar, siswa akan sangat jenuh dalam menjalani pembelajaran yang ada. Siswa akan cenderung berfikir bahwa semua yang ia lakukan adalah salah.
§ Otoriter
Jika sang guru bersifat otoriter dalam proses belajar mengajar, siswa akan terhambat perkembangan berfikirnya. Seolah-olah mereka hanya akan menuruti apa yang guru ajarkan tanpa mengembangkannya. Kadang, kreativitas dalam belajar itu sangat diperlukan, maka akan sangat tidak baik jika guru memiliki sifat sepreti ini.

Tidak ada komentar: